Skip to main content

Macam macam format pada font yang patut kamu tahu

Macam macam format pada font yang patut kamu tahu-Pada hari yang cerah agak mendung ini penulis mencoba mengupas lebih dalam seputar font di rubrik font ini di dalam rubrik ini kalian bisa belajar bareng dengan saya tentang font dan juga seluk beluk tentang font. Bila pada awal mulanya pertama kali font dibuat dibuat dari bahan metal atau bahan lain yang berwujud nyata memuiki fisik dan juga bisa di sentuh dengan tangan.

Namun berkat perkembangan teknologi dalam pembuatan font, font saat ini hanya bisa dilihat di dalam komputer berupa file digital, format font digital pun berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi di dunia format ini pun makin lama semakin ringkas pulanamun kapasitas file yang diperlukan untuk menyimpannya membutuhkan space yang besar juga. Ada 3 macam format font yang paling banyak digunakan orang yaitu yang 1.postscrip type 1, yang 2. Truetype, yang 3 adalah opentype. Mari kita bahas bersama-sama silahkan kirim dikolom komentar apabila ada tambahan dari pembaca .
[baca juga : Penjelasan tentang character set]
Macam -macam format pada fon yang patutu kita tahu.
  1. PostScript Type 1 Dikembangkan oleh perusahaan adobe, format ini cross platfom, artinya bisa digunakan pada mayoritas sistem operasi komputer, tiap font-nya membutuhkan 2 macam file, satu file instruksi untuk layar komputer dan satu lagi untuk printing. Satu file font memuat 256 karakter, biasanya terdiri dari : uppercase, lowercase, satu macam figures/numeral, fractions, ligatures, dan simbol simbol lainya. Kalau karakter yang dibuat lebih dari 256, desainernya terpaksa harus membuat file baru untuk menampungnya. Jadi untuk sebuah typeface saja bisa terdiri dari banyak file.
  2. TrueType dikembangkan oleh apple, True type juga cross platform dan kapasitasnya sama dengan postscript Type 1, perbedaanya tiap font hanya membutuhkan 1 file saja, sehingga True type cepat populer dan menjadi stndart industri, tapi karena kapasitasnya terbatas, tetap diperlukan banyak file untuk sebuah typeface.
  3. OpenType Adalah format yang dikembangkan oleh perusahaan adobe dan microsoft, Cross-platform, single file dan memuat fitur -fitur terbaik dari kedua format sebelumnya, satu file fontnya bisa memuat sampai 65. 536 karakter sehingga cukup menampung: upercase, lowercase, ligatures, berbagai versi figures/numerals swashes, fractions, superscript dan subscript smallcaps dan berbagai alternatif style dan karakter lainya. Karakter dan huruf dari berbagai bahasa juga bisa dimuat di dalamnya dan tidak memerlukan tambahan file lagi untuk menampungnya. Selain itu format ini juga menyediakan fitur fitur untuk berbagai  keperluan setting huruf yang lebih advance. Format open type memiliki jauh lebih banyak keuntungan dibandingkan format-format pendahulunya.
[Baca Juga : Font wajib desainer grafis]

Banyak desainer terus mengembangkan anggota keluarga typeface yang dibuatnya, karena semakin banyak anggota keluarga dalam sebuah typeface maka makin memberi keleluasaan bagi pengguna untuk memberi variasi dan empasis dalam suatu karya layout.

Berikut penjelasan tentang Macam -macam format pada fon yang patutu kita tahu. Mungkin ada masukan pertanyaan serta tambahan silahkan komentar ya gan kami sanggat menunggu masukan tambahan bagi pembaca, terimakasih sudah berkunjung silahan ikuti blog ini agar tau update artikel keren-keren.

Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar