Teknik Clipping mask Adobe Illustrator -Tutorial Adobe Illustrator Pemula

Tutorial Adobe Illustrator Pemula
Teknik Cliping mask  Adobe Illustrator - Tutorial Adobe Illustrator Pemula - Halo sobat Wsm sudah agak lama sekali tidak membahas tutorial tentang adobe illustrator. Kali ini Author ingin berbagi tentang Teknik Clipping Mask di Adobe illustrator, 

Berikut penjelasan secara singkat clipping mask adalah memaskukan sebuah objek bisa berupa gambar  ke shape yang memiliki bentuk tertentu nah apa tuh, dengan syarat agar bisa melakukan shape adalah gambar nya harus vector ya.
Cliping mask merupakan sebuah permainan pengalihan bentuk bagi saya. Semoga dengan adanya tutorial ini kalian dapat cepat belajar dan mempraktiikan clipping mask ini. dengan ini sobat bisa memasukan gambar apa saja ke dalam model shape yang telah disediakan di lembar kerja.

[Baca Juga : Free Download E-book Adobe illustrator]

Mask membatasi polanya, megelompokan bentuk, jalur atau apapun yang anda inginkan untuk area tertentu, dan memiliki banyak kegunaan. Saya mempraktiikan ini  sebagai sarana menghemat waktu untuk membuat sebuah pattern yang sangat luar biasa dan untuk alasan ini, saya pikir semua pemula harus mempelajari Teknik clipping mask dan cara menggunakannya.

Teknik Clipping mask Adobe Illustrator 

Saya sangat merekomendasikan tutorial untuk pemula pada Clipping mask dan Opacity Masks. Tutorial ini sempurna untuk menunjukkan kepada anda keuntungan manfaat dari keduanya yang mudah untuk diikuti. oke lebih jelasnya mari kita simak tutorialnya lebih jelas di bawah ini yah,,
Sebagai contoh vector silahkan download atau pakai file vector kalian sendiri.
  1. Pertama, Kosongkan warna shape lalu warnai saja bagian outlinenya saja agar tau pembatasnya, lalu warna stroke dengan warna sesuai keinginan.
  2. jika sudah melakukan langkah pertama, pastikan shape yang kalian buat ada di bagian atas objek yang akan kalian clipping mask, cara merubah urutan posisi objeck/shape segitiga menjadi diatas gambar lingkaran, klik menu Object > Arrange > Bring to Front. perhatikan gambar di bawah.
    tutorial-clipping-mask
  3. Jika sudah select kedua objek (Shape lingkaran dengan Gambar perempuan ) dengan menekan Shift lalu klik gambar lingkaran, lalu kita akan lakukan teknik clipping mask kalian klik menu Object > Clipping Mask > Make/ atau biasa juga dengan Klik kanan pada mouse tinggal pilih Make Clipping Mask.
cara-mudah-clipping-mask-di-ai
cara ke  1
clipping-mask-ai
cara ke 2

Hasilnya  jeng jeng .
cara-clipping-mask-ai


Lihat hasilnya gambar akan ada di dalam shape lingkaran. Seperti itulah teknik clipping mask di illustrator, mudah bukan silahkan teman - teman mencobanya. Sekian dulu Tutorial dari saya, kita ketemu lagi di tutorial selanjutnya. silahkan tuliskan pertannyaan di kolom komentar jika ada kesulitan dalam praktiknya.


Semoga bisa terbantu dengan adannya tutorial Teknik Clipping mask di Adobe Illustrator terimakasih sudah berkunjung di artikel kami ini