Skip to main content

Istilah-istilah yang sering disebut dalam dunia tipografi


wsmproject- Istilah-istilah yang sering disebut dalam dunia tipografi- Setelah minggu lalu kita sudah membahas tentang istilah-sitilah dalam dunia tipografi bagian pertama.

Pada kesempatan kali ini penulis akan melanjutkan tulisan bagian kedua. Kadang ada beberapa istilah yang sudah mengalami pergeseran makna juga karena adanya perkembangan dalam dunia naruto eh maksutnya tipografi, tak usah terlalu serius, ok sambil santai saja,,,,, lanjut.



Salah satu contoh, apakah kalian sudah mengerti berbedaan typeface dan font yang mungkin sering kita dengar namun belum begitu jelas memahami masih samar-samar apa sebenarnya itu ? jika jawaban kalian ya.

Maka sama saya dulu juga mengalami kebinggungan apa itu sebenarnya perbedaan dari kedua istilah tersebut. Pada bagian kedua ini akan dibahas tentang pengertianyalebih jelas.


Istilah-istilah dalam typography Bagian Kedua.

Type Designer
Pengertian Type Designer adalah seseorang yang ahli dalam mendesain typeface. Biasanya type designer adalah adalah typographer jika penasaran apa itu typographer penjelasan lengkapnya ada di Bagian 1. Type designer ada yang bekerja sendiri ada pula yang bekerja untuk dirinya sendiri. Seperti hanya typographer, jaman sekarang siapapun bisa mengangap dirinya type designer dikarenakan proses mendesain huruf yang sangat mudah dengan bantuan-bantuan program di komputer yang makin canggih yang membedakan hanyalah pada tingkat kualitas karyanya.

Type Face
Pengertian type face adalah sekumpulan karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Karakter-karakter ini memiliki karakter desain serta proporsi yang serupa dan memiliki kosistensi yang sama. Istilah typeface lebih menjurus pada bentuk atau desain huruf yang digunakan. Orang sering menyamakannya dengan font  padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda

Font
Sering kebanyakan orang menyamakan font dan typeface, ada juga yang menyamakan dengan karakter set mudah-mudahan dengan artikel ini bisa memberikan referensi dan tambahan wawasan tentang perbedaan kedua istilah itu, font pada saat jaman dulu adalah sebuah satu set metal type dari satu type face yang sama ukuran dan stylenya. Pada saat abad 16 untuk memenuhi kebutuhan cetak, pihak percetakan. Pihak percetakan dituntut untuk memiliki banyak ukuran huruf, sebagai contoh buku koran surat kabar pada saat jaman itu.

Type Foundry
Perusahaan yang mendesain typeface, bisa juga sekalian menjual dan mendistribusikan dan menjual dalam bentuk digital, contohnya fontshop adalah perusahaan yang memproduksi sekaligus menjual font, font shop tidak hanya menjual font desainya sendiri tapi juga font yang dibuat oleh foundry lain yang nitip untuk membuka openshop.

Upplercase dan Lowercase
Uppercase dan Lowercase jika diartikan secara sederhana adalah penulisan huruf besar dan kecil dalam sebuah paragraf atau bisa pada media yang lainnya, lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini

Serif dan San serif
Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait, ada typeface yang memiliki serif dan ada juga yang tidak memiliki serif sedangkan san serif adalah tanpa ekor

Tipography Micro dan Tipography Macro
Seumpama micro dan macro kosmos alam typography pun juga memiliki sistem yang mirip dengan jagad raya ini. Seperti contoh huruf membentuk kata, kata-kata membentuk kalimat, dari kalimat-kalimat membentuk paragraf. Dari paragraf-paragraf membentuk membentuk layout dalam dalam halaman dari halaman halaman membentuk buku / majalah dan begutu seterusnya. Menurut Willy Kunz, seorang typographer dan penulis apabila sesuatu terjadi pada area micro maka akan berdampak pada area macro bisa juga dengan penjelasan saya seperti ini apabila pada suatu yang kecil terjadi sesuatu, maka akan memberikann effect pada area yang lebih besar.

Yang dilihat audience adalah kebanyakan hasil akhirnya, sedangkan yang dikerjakan oleh seorang desainer adalah semua prosenya mulai dari memilih huruf mengombinasikan typeface menyusun kata dan kalimat mengatur antar jarak melakukan layouting per blog sampai jadi sebuah halaman media
Dengan pemgetahuan ini seorang desainer sudah dipastikan akan menganalisis sampai hal terkecil dan melihat karya secara utuh dari mulai proses awalnya.

Kontras
Dalam dunia tipografi istilah ini banyak digunakan untuk menyatakan perbandingan tebal tipis huruf atau perbandingan ketebalan stroke dan hairline stroke. 

Legibility dan readability
Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf dan karakter sedangkan readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks, karena pada akhirnya  faktor optislah yang menjadi penentu keberhasilan suatu karya tipograpi


Walaupun jaman sudah berubah dan perkembangan tipografi menjadi sangat maju namun pengetahuan tentang teknologi dan industri tipografi pada jaman purba tetap perlu dimiki agar kita sebagai generasi saat ini menjadi lebih bisa lebih menghargai betapa panjangnya proses yang dilalui seorang typographer dalam membuat karya tipografi yang indah untuk dinikmati oleh khalayak umum.

Referensi :
typepedia.com
huruf font dan typography sutanto rustan
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar