Skip to main content

Cara menggunakan Pathfinder, Tutorial Adobe Illustrator


Cara menggunakan panel Pathfinder di adobe illustrator – pada seri tutorial adobe illustrator kali ini author akan share sedikit tentang  menu yang tidak kalah ajaib dan sangat berguna seklai dalam mengembangkan proses desain namanya yakni adalah panel pathfinder.



 Di panel pathfinder terdapat pilihan menu yang dapat digunakan untuk mendapatkan objek yang diinginkan dan sempurna sesuai keinginan, pathfinder dalam software adobe illustrator berfungsi untuk memodifikasi object yang dapat menyatukan, membelah object dan mendapatkan object baru dari hasil berpotongan dua object.
[Baca Juga : Tutorial Adobe Illustrator untuk Pemula]
Pada penerapanya pathfinder merupakan panel di adobe illustrator yang termasuk menyenangkan serta mudah untuk di praktikkan, sebelum itu jika panel nya belum muncul bisa kalian munculkan dengan cara Klik Windows – pada bagian menu adobe illustrator -> (Windows -> Pathfinder) bisa juag memakai cara pintas dengan menekan shift + Ctrl + F9 , lalu otomatis panel pathfinder kalian akan muncul dengan sendirinya.
Fungsi Lengkap Panel Pathfinder, Tutorial Adobe Illustrator

ada berbagaimacam 2 mode yang tersedia dalam panel pathfinder seperti:
1. Shape mode yang terdiri dari :
- Unite
- Minus front
- Intersect
- Exclude
2. Pathfinders :
- Devide
- Trim
- Marge
- Crop
- Outline
- Minus back
Dari berbagai macam mode diatas yang sering saya pakai dalam membuat vector adalah Unite dan Devide yang pengertiannya sendiri adalah
Unite = Untuk mengabungan dua object menjadi satu object
Devide = untuk memisahkan atau memotong object menjadi sebuah potongan – potongan yag kecil.
Panel Pathfinder


  • Untuk bisa mempraktiikannya langkah yang harus kalian lakukan adalah buatlah kanvas baru di adobe illustrator
  • Buat object, bisa berupa object apa saja 
  • Kemudian tempatkan saling tumpang tindih dengan yang lain 
  • Pilih unite atau devide sesuai dengan bentuk object yang kalian inginkan bisa juga kalian coba menu yang lain yang masih di panel pathfinder.

Fungsi Lengkap Panel Pathfinder, Tutorial Adobe Illustrator

gambar diatas adalah contoh hasil perpotongan dari unite dan devide, terimakasih sudah mampir semoga bermanfaat, selamat mencoba dan berkarya. apabila ada yang belum dimengerti silahkan komen dibawah ya gan.


Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar