Skip to main content

Cara Jual Foto di shutterstock, Serta Tutorial Edit foto.

Cara Jual Foto di shutterstock, Serta Tutorial Edit foto - Setelah beberapa minggu tidak update lagi seputar dunia microstock khusunya shutterstock, dikarenakan author sibuk dengan pekerjaan utamanya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan seputar tips cara menjual foto di situs shutterstock agar dapat dollar, yang pada postingan sebelumnya juga sudah saya bahas cara uploud video dan uploud vector.

Cara upload foto hampir sama dengan uploud vector di shutterstock, berbedaanya hanya kriteria dan sedikit pada bagian cara uploudnya, ini merupakan sebuah cara untuk mendapatkan dollar bagi kalian yang hobi foto dan sekaligus agar file foto kalian yang menumpuk di hardisk laptop bisa menjadi passive income bagi anda.

Menjual sebuah foto di situs-situs microstock utamanya di shutterstock seperti ini bisa disebut Microstock Photography, Mungkin bagi sebagian fotografer di Indonesia ini merupakan hal baru namun jika dibandingkan diluar negeri bisnis ini sudah berkembang pesat. Beberapa fotografer diluar negeri telah banyak yang sukses.
Nah jika anda adalah seorang freelance fotografy atau hanya sekedar hobi foto, sebaiknya anda manfaatkan kesempatan yang bagus ini untuk menjual karya foto anda, yang mungkin selama ini foto-foto anda hanya terbengkalai di hardisk komputer, di shutterstock ini foto anda akan dibeli dengan dollar, bisa jadi ketika anda fokus dan serius mengeluti bidang ini anda bisa jadi juragan foto dolaran ......aminnn...

Foto yang akan kamu jual di shutterstock akan dibeli dengan lisensi menggunakan free royalty yang dimaksutkan free royalty adalah fotomu bisa dibeli oleh siapa saja dan lisensi utamanya masih ada pada pemilik utama yakni anda.

Mengapa memilih situs shutterstock sebagai tempat untuk menjual foto hasil karyamu.? Karena situs shutterstock memiliki pasar dan jangkauan pasar yang sangat luas dan juga banyak user yang telah mendaftar, dan shutterstosk adalah situs microstock yang tingkat penjualanya sudah sangat tinggi.

Bagi kalian yang ingin menjadi contributor di shutterstock silahkan lihat artikel saya berikut cara daftar menjadi kontributor di shutterstock.
Alur uploud foto di shutterstock
Source : shutterstock.com

Untuk mempersingkat waktu mari kita langsung masuk ke cara-caranya agar supaya foto kalian bisa di approv oleh shutterstock, sebelum masuk ke hal teknis cara uplout foto ke shutterstock editlah foto mu terlebih dahulu di photoshop..

Sebenarnya itu suka-suka kalian namun cara ini sering saya lakukan agar file foto yang dihasilkan oleh kamera DSLR lebih tajam dan menarik untuk dilihat, namun jika kalian ingin mengabaikan langkah ini juga tidak apa-apa.

Cara Edit Foto Sebelum di uploud Di shutterstock
  1. Buka foto yang akan kalian uploud di photoshop ,tinggal drag  dan drop.
  2. Setelah berhasil kalian buka di photoshop silahkan edit dan tajamkan warnanya, author biasanya menggunakan auto contras dan curve untuk mencerahkan warna.
  3. Setelah selesai klik simpan foto dengan resolusi yang disarankan oleh shutterstock yakni 4 megapixel.
    Tutorial uploud foto agar diterima shutterstock
    Foto sebelum di edit

    Tutorial uploud foto agar diterima shutterstock,
    foto sesudah di edit

Cara uploud Foto di Shutterstock, ada beberapa tahap yang harus dilalui agar fotomu tayang di Shutterstock.
  1. Tahap Persiapan File
    Minimal file yang bisa diterima di shutterstock adalah minimal 4 megapixel bisa lebih besar atau sama , bukan hanya masalah kualitas ukuran yang bagus namun patut juga kita perhatikan komposisi, warna, exposure dan foto yang noise serta buram, jangan sampai under exposure dan over exposure karena pengalaman author foto yang terlalu gelap dan terlalu cerah pasti akan ditolak dan foto yang blur/tidak fokus juga akan pasti ditolak.
  2. Tahap Uploud
    1. Ada beberapa cara untuk uploud file ke shutterstock jika ukuran relatif besar karena sesolusinya yang besar bisa kalian gunakan FTP transfer, seperti filezilla cara lengkapnya bisa kalian kunjungi artikel ini.
    2. Dan jika ukuran relatif kecil bisa langsung lewat dasboard di contributor shutterstock
    3. Kkik Uploud Files, pilih file photo yang akan kalian uploud setelah proses selesai klik next 
  3. Tahap penamaan dan keywoarding 
    Centang file yang kan kamu uploud Lalu Beri judul/ nama filemu gunakan bahasa inggris ya sob jangan sampai lupa, jika kamu menggunakan bahasa indonesia apalagi bahasa daerah sudah pasti akan ditolak oleh pihhak sutterstock. Gunakan Keywoard yang relevan dengan gambarmu.
  4. Tahap Review
    Pada tahap yang terahir ini akan memerlukan waktu yang berbeda-beda sampai bisa file fotomu  tampil dan di approve oleh sutterstock berdasarkan penggalaman saya file foto akan cepat di  approve jika kalian uploud di jam kerja orang luar negeri, otomatis kalian uploud harus di waktu malam hari karena perbedaan waktu di negara indonesia dan di luar negeri.
berikut merupakan Cara Jual Foto di shutterstock, Serta Tutorial Edit foto. silahkan tinggalkan komen ya apabila ada hal yang belum diketahui dan kurang jelas, serta share artikel ini agar teman kamu tau apa yang kamu tau terimakasih.

BONUS
Di bawah ini ada beberapa foto hasil dari jepretan kamera saya selama berkelana di jakarta.
Cara Jual Foto di shutterstock

Cara Jual Foto di shutterstock


(Coming Soon) pantau web wsm ya agar tau update terbaru seputar Desain grafis dan dunia Microstock.
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar