Skip to main content

Beberapa Cara Membuka File Adobe Illustrator di CorelDraw


wsmproject.com - Beberapa Cara Membuka File Adobe Illustrator di CorelDraw- Adobe Illustrator adalah sebuah program aplikasi pengolah grafis yang berbasis vector terkemuka, yang dibuat oleh Adobe . Adobe sudah sampai seri CC2019. sedangkan kompetitornya yakni CorelDraw adalah editor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah aplikasi perangkat lunak di Ottawa canada, yang saat ini versi terbarunya terbaru nya 2019, pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi windows 200 dan seterusnya.

[Baca Juga : Tutorial Adobe Illustrator untuk pemula]

Berikut akan kami berikan beberapa cara untuk membuka file adobe Illustator di CorelDraw berdasarkan pengalaman dari author, pasti dari kalian sebagai pelaku grafis sering mengalaminya juga apabila mencari source vector dari internet sering berformat .eps, Eps sendiri adalah singkatan dari Encapsulated PostScript yang sering biasanya digunakan oleh aplikasi mengambar digital. Dan pada dasarnya File tersebut adalah sebuah format Grafis untuk gambar Vector yang dibuat menggunakan Adobe Illustrator.

Dan kasus lagi yang sering dialami adalah apabila kalian sudah terbiasa menggunakan Adobe illustrator untuk membuat sebuah karya desain dari Client dan disuruh untuk mencetaknya di percetakan, namun setelah sampai percetakan, software yang digunakan adalah aplikasi CorelDraw di situlah pasti apabila admin yang tergolong baru pasti akan mengalami kendala ada gradasi warna yang berubah, di bawah ini akan kami berikan cara untuk membuka file Adobe Illustrator ke software CorelDraw simak sampai selesai ya,

# Cara Pertama : Tanpa menggunakan Aplikasi Apapun

  1. Pilih File Adobe illustrator yang akan kalian buka pastikan komputer sobat sudah terinstall software CorelDraw Klik kanan lalu open with CorelDraw.
  2. Setelah sobat berhasil masuk ke software CorelDraw kemudian pilih mode Text.
  3. Maka file adobe illustrator akan terbuka di CorelDraw
Selamat mencoba.


#Cara Kedua : Membuka File Adobe illustrator dengan teteap mempertahankan warna gradasi.
cara yang kedua ini bisa kalian pakai untuk tetap mempertahankan gradasi warna agar tetap selama perpindahan format 

1. Persiapkan Aplikasi Adobe Illustrator terlebih dahulu.


  1. Buka file vector format AI tersebut dengan software adobe ilustrator
  2. Setelah dibuka, lalu anda save as dan pilih optionnya PDF berarti save as PDF

3. Sekarang file vector tersebut berformat PDF, dan anda bisa membukanya dengan coreldraw.dan          bisa di edit-edit karena itu format vector.

4. Dari coreldraw, silahkan anda simpan file vector tersebut, dan hasilnya, file vector yang semula format AI kemudian akan menjadi file vector format CDR.
demikianlah tips singkatnya. semoga bermanfaat.

Mungkin itu sedikit Tips atau cara Membuka File AI dengan CorelDRAW yang bisa saya bagikan semoga bisa lebih bermanfaat dan membantu memecahkan permasalahan anda ketika menghadapi permasalahan seperti kasus diatas.

Tinggalkan Komentar bila ada pertayaan dan saya ucapkan Terimakasih.

CATATAN: cara diatas adalah opsi pilihan yang bisa diterapkan namun cara ini tidak 100% menyelesaikan semua masalah mengimpor file dari Illustrator ke CorelDraw. Terkadang untuk desain-desain banyak memakai fitur bawaan adobe illustrator seperti gradient, mesh, warp, blend, dan sebagainya kerap tidak terimpor dengan baik di CorelDraw. Akan tetapi, saat ini penulis masih menggunakan CorelDraw X7, namun mungkin yang terbaru sudah bisa menyelesaikan masalah diatas
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar