Skip to main content

Cara Mudah Menggunakan Pentool Adobe illustrator


Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari cara mengatur lembar kerja dan mengenal toolbox di adobe Illustrator, dan selanjutnya tool di adobe illustrator yang tidak kalah penting dari jutaan tool yang ada di adobe illustrator adalah keluarga gen Pen Tool. Pen tool ini bakalan di gunakan dalam proses pembuatan semua jenis desain, yang jika kita pelajari dengan benar-benar akan mempercepat proses pembuatan desain dalam skala besar.

[Baca Juga : Sejarah Adobe Illustrator]

Pen Tool dengan shotcut di keyboard (P) adalah sebuat tool yang simple, yang bisa menghasilkan sebuah objeck yang lurus, lengkung serta sudut, mari nanti kita bahas lebih lanjut satu per satu. Pen tool ini berada pada toolbox dengan gambar icon seperti gambar dibawah ini, kita akan memperdalam semua fungsi dan kegunaanya.
Pentool dan beberapa keluarganya

A. Pentool berada di dalam simbol ini dan jika di klik tahan akan muncul pilihan.
B. Klik tahan akan melepaskan dan menarik keluarga ini lepas dari toolbox
C. Tampilan Pentool yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan desainer.
Bisa kita lihat dalam keluarga Pentoll ini mempunyai empat tool yang saling melengkapi satu sama salin dalam proses pembuatan desain, disini akan dijelaskan satu-persatu fungsinya.

1. Pentool(P)
Pen tool berfungsi untuk membikin sebuah secara detail, sesuai dengan yang kita inginkan dengan titik pertitik atau anchor point untuk membentuk sebuah kurva.

2. Add Anchor Point Tool (+)
Add anchor point tool ini memiliki fungsi menambah titik pada objeck gambar vector, titik yang tadinya di bentuk tadi mampu di pindahkan menggunakan Direct Selection tool.

3. Delete anchor Point Tool (-)
Delete anchor point tool berfungsi untuk menghapus titik atau anchor pada object yang berbentuk vector.

4. Convert Anchor Point Tool (Shift + C)
Convert Anchor Point Tool berfungsi untuk mengconvert suatu titik atau anchor, sehingga kita bisa membuat object yang handlenya lurus menjadi melelngkung, menghilangkan atau menambahkan handle sesuai keinginan kita.
Cara Mudah Menggunakan Pentool Adobe illustrator


MEMBUAT OBJECT GARIS
Berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang pemula akan merasakan kesulitanmemahami fungsi pentool ini yang sebenarnya sangat simple, mudah serta cepat. Saya akan coba menjelaskan dengan teknik yang saya buat sendiri, tentunya perlu memahami persiapan-persiapan apa saja yang dibutuhkan sebelum memulai menggunakan pen tool ini. Pen Tool bisa menghasilkan berupa objectyang didalam object tersebut mengandung dua unsur yakni fill dan stroke.

1. Fill   : adalah warna yang mengisi sebuah yang bisa kita ubah dengan warna lain di panel swatches
2. Stroke: adalah nama laindari garis atau garis tepi pada object yang juga bisa kita ubah dengan warna yang lain sesuai keinginan kita

Untuk mengubah warna atau menghilangkan warna pada fill atau stroke, kita harus memahami terlebih dahulu fill dan stroke yang ada pada toolbox bagian bawah sendiri, kita akan menemukan pengaturan warna untuk object dan secara bawaan tampilannya akan seperti gambar dibawah ini, berikut sedikit penjelasannya:

Cara Mudah Menggunakan Pentool Adobe illustrator

Sekarang kita gunakan Tool ini, Klik Pen tool (P) dan pastikan cursor sudah berubah menjadi sebuah icon pen tool Kita akan memulai dengan membuat sebuah garis lurus dan garis lengkung 1. Klick pen tool(P) 2. Klik Default Fill and Stroke (D) 3. Klik None (/)

Bisa kita lihat perubahan pada toolbox diataskan dan yang akan dihasilkan dengan menerapkan pengaturan diatas adalah fill pada object tidak akan ada warnanya atau none dan Stroke/garis akan berwarna hitam ,Lihat image 2kita akan membuat object garis warna hitam.

MEMBUAT GARIS LURUS
Selanjutnya klik pada layar satu kali menggunakan pen tool (P) kemudian klik pada titik kedua sehingga akan menjadi sebuh object garis yang sangat lurus.
Cara Mudah Menggunakan Pentool Adobe illustrator

*PENTING
Perlu dingat setelah kita selesai membuat garis apapun dengan pen tool (P) Kita harus kembali ke Selection Tool (V).
Kembali ke selection tool ini akan sering kita gunakan jadi mohon untuk selalu diingat untuk menghindari kepanikan karena salah dalam penggunaan tool
Dengan teknik di atas kita akan menghasilkan sebuah garis lurus.

MEMBUAT GARIS LENGKUNG SATU HANDLE
Klik pada layar satu kali menggunnakan Pen Tool (P) kemungkinan klik tahan tarik pada titik kedua sehingga akan menjadi sebuah object garis lengkung dengan satu handle.


MEMBUAT GARIS YANG MEMPUNYAI SUDUT
Tambahkan tekan tombol Alt Tahan pada keyboard kemudian Klik handle > Geser, Setelah sesuai yang diinginkan, Lepas Mouse > Lepas Alt, Lebih jelasnya silahkan lihat Illustrasi Dibawah.
Kita juga bisa dengan cara tekan Alt tahan > Klik tahan pada titik anchor > tarik kemanapun > Lepas Mouse dan Alt > klik untuk titik terahir, maka object akan mempunyai sudut.

ADD ANCHOR (+) dan DELETE ANCHOR(-)
Cara menggunakanya cukup mudah, kita tinggal klik pada bagian path/Garis untuk menambah kan titik atau mengurangi titik anchor Lihat Illustrai dibawah untuk lebih jelasnya

Semoga dengan menggunakan illustrai diatas memudahkan kita untuk memahami fungsi tool ini, dan selanjutnya akan kita bahas fungsi dari Convert Anchor Point Tool (Shift +C)
 Convert Anchor Point Tool
Pertama Klik Convert Anchor Point Tool (Shift+C) kemudian kita lihat bagaimana tool ini bekerja

Cukup demikian penjelasan tentang cara gampang menggunakan pen tool di adobe illustrator, cukup mudah dan simple kan silahkan kalian coba-coba dan sambil praktekkan dan apabila mengalami kesulitan silahkan komen dibawah dan jangan lupa share artikel ini agar teman kalian tau apa yang kamu tau

[Baca Juga : Pengertian, Fungsi Seta Sejarah Adobe Illustrator]
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar