Skip to main content

Alternatif Aplikasi Desain Grafis Pengganti CorelDRAW dan Adobe Illustrator

Alternatif Aplikasi Desain Grafis - Di negara berkembang khusunya indonesia pelanggaran hak cipta dalam bidang digital masih menjadi masalah yang sangat serius, salah satu pihak adalah desainer grafis dan pihak yang lain yakni pembuat aplikasi masing sering seorang desainer memakai software bajakan hasil download illegal yang sudah tersedia cracknya entah pelanggaran semuai itu karena kurangnya edukasi atau entah karena kesengajaan yang jelas hal tersebut merupakan perbuatan yang kurang baik untuk di contoh.

Ada sebagian desainer beralasaran tidak terjangkaunya harga software yang dimaksutkan, namun urgent membutuhkan untuk membuat karya, walaupun hal tersebut bisa dimaklumi namun hal itu bisa dimaklumi tapi tetap menggunakan software bajakan tidak diperbolahkan secara arturan. Tidak semua sofware grafis berbayar loh ada juga yang gratis alias open source, meskipun dengan fitur yang tidak seperti kelas premium.

[Baca Juga : Mengapa Harus Memilih desainer grafis profesional]

Mari saling menghargai hasil kerja orang lain , dengan mencari jalan keluar yang tidak merugikan salah satu pihak saja,

Nah dengan pemakaian software open source semoga bisa membantu memecahkan permasalahan diatas, berikut

Daftar Aplikasi yang Memiliki Fitur Mirip Dengan CorelDraw dan Adobe Illustrator

1. InkScape
Alternatif Aplikasi Desain Grafis inkscape

Inkscape merupakan software pengolah vector yang bersifat open source (Gratis) pasti beberapa di antara kalian semua sudah mengetahui betul mengenai InkScape. Inkscape sendiri memiliki lisensi dibawah GNU GPL GNU General Public License) , yang bertujuan untuk menjadi sofware pengolah grafis dengan standart XML, SVG, dan CSS. Yang dimaksut SVG sendiri merupakan sebuah kepanjangan dari Scalable Vector Graphics dan merupakan format file untuk menampilkan  grafik dalam membangun web yang berbasis XML(Extensible Markup Language). InkScape termasuk populer, alternatif orang yang menggunakan Corel Draw dan adobe illustrator . InkScape adalah aplikasi open source yang berfungsi untuk pengolah grafis yang  berbasis vector. Inkscape memiliki fitur yang paling dekat dengan Corel Draw. Aplikasi ini bisa beroperasi di sistem operasi windows Mac OS dan Linux Mac Os, Linux. Berikut adalah tampilan dari aplikasi tersebut.

Silahkan Kunjungi link webnya dibawah untuk tutorial panduan pembelajarannya
http://www.inkscape.org/en/learn/videos/ sangat lengkap dan update
Download Inkscape

2. Affinity Desainer (Berbayar)
Alternatif Aplikasi Desain Grafis affinity desainer

Adalah sebuah sofware editor grafis yang bersifat open source alias gratis yang dibuat dan dirancang sebagai penganti atau alternatif lain dari software adobe illustrator, sofatware ini dikembangkan oleh serif labs yang berkantor pusat di inggris didirikan tahun 1990 bermula mengembangkan perangkat lunak kelas atas untuk dekstop/ pc dengan biaya rendah untuk pemuyula dan sekarang mencoba mengembangkan di bidang editor aplikasi grafis dengan menghadirkan aplikasi yang bernama afiinity desainer

Affinity desainer yang hadir dengan menu standart seperti pen tool untuk membuat karya grafis dengan kompleksitas dan artwork berbasis pixel dengan toolbar membagi vector, pixel dan eksport tools menjadi tiga bagian, seorang desainer yang memakainyabisa beralih diantara rangkaian tool serta sets tanpa ada masalah dari luar kerja bagi seorang desainer yang sering menggunakan photoshop dan illustrator secara bersama-sama, memakai affinity desainer bisa menghemat waktu dikarenakan file dapat dibuka dalam aplikasi ini

3. Xara Xtreme
Alternatif Aplikasi Desain Grafis Xara Xtreme

Xara Xtreme merupakan alternatif Corel Draw yang lumayan powerfull. Namun sayangnya saat ini aplikasi Xara Xtreme yang opensource nan gratis itu hanya berjalan di Linux, FreeBSD, dan OS-X. Xara terdiri dari banyak sekali fitur tools desain grafis. Dan xara pun termasuk aplikasi vector yang lumayan paling ringan dan cepat di dunia. Dan walaupun di linux tapi GUI nya pun sudah sangat user friendly.
Xara Xtreme bisa di download di sini http://www.xaraxtreme.org/download.html


4. Gravit Designer
Alternatif Aplikasi Desain Grafis Grafit Designer

Adalah sebuah sofware pengolahh grafis yang sudah tergolong memiliki fitur lengkap yang pas untuk pekerjaan seorang desainer grafis yang detail mulai dari Knife Tools, Path Graphs, multiple fills and blending serta text tool file hasil dari software ini bisa kita simpan dalam format PDF, SVG dan Bitmap dan ada pula fitur tambahan Grafit Clound yang memungkinkan pengguna bisa melakukan edit dimanapun dan kapanpun sobat berada

5. Apache OpenOffice Draw
Alternatif Aplikasi Desain Grafis Apache Openoffice

OpenOffice merupakan salah satu tools yang dibundling ke dalam aplikasi pengolah dokumen dari open office. Fitur-fiturnya memudahkan dalam membuat image berbasis vector. Walaupun tidak sepowerfull tapi jika Anda kreatif pun bisa menghasilkan image sekelas coreldraw. Ada beberapa fitur CorelDraw yang dimasukkan ke dalam Open Office draw seperti 3D controller membuat shape image (gambar bentuk) memiliki seolah-olah tampilan 3D. Di openoffice draw pun sudah tersedia fasilitas import beragam jenis format gambar seperti GIF, PNG, WMF, BMP, JPEG and TIFF.

Untuk bisa mencobanya Anda bisa mendownload versi full dari OpenOfficenya gratis silahkan download di sini https://www.openoffice.org/product/draw.html

6. Vectr
Alternatif Aplikasi Desain Grafis Vectr

Vectr merupakan aplikasi editor grafis berbasis 2D yang tentunya open source, yang tersedia dalam aplikasi online di web browser dan  aplikasi berbasis dekstop. Dengan macam-macam fitur yang tersedia untuk mengolah file vector serta tambahan effect yang disediakan menjadikan aplikasi ini fleksibel sebagai software grafis untuk menyelesaikan tugas anda.

7. Skencil
Alternatif Aplikasi Desain Grafis Skencil

Skencil adalah salah satu alternatif dari CorelDraw, murah bahkan gratis. Aplikasi ini memungkinkan Anad untuk membuat diagram maupun ilustrasi gambar, dan banyak sekali fitur yang tersedia. Tentunya memaksa kita untuk kreatif dalam menghasilkan karya berbasis vector. Fitur-fitur yang mantap diantaranya bezier curve, gradient fill, transformed text dan image, blend group, ellipse, dan kemampuan untuk menulis ke dalam format EPS. Software ini bisa dijalankan di berbagai platform seperti FreeBSD, Solaris 8, 9, Mac OS X and GNU/Linux.

Anda bisa berkarya tanpa harus mengeluarkan sepeser pun, dibanding membeli lisensi Corel Draw.
Ingin mencoba skencil silahkan download di sini http://www.skencil.org/download.html

8. Krita
Alternatif Aplikasi Desain Grafis Krita

Sofware ini lebih dikususkan untuk digital painting, concept artist, illustratormatte and tekxture artist. Kita sendiri adalah software open source alias gratis yang telah dibuat sejak tahun 1999 yang memiliki fitur full set brush tool yang pas untuk semua gaya digital painting serta banyak thirt party untuk mengembangkan dan mempermudah dalam proses pengerjaan karya yang lebih prespektif
Sofware ini cocok yang menekuni di bidang digita painting atau seorang seniman komik yang belum bisa membeli lisensi photoshop,serta ada pula fitur penting yang disediakn seperti stabilistor untuk meluruskan garis apapun, wrap-around mode yang berfungsi membikin tekstur dan pattern yang mulus, serta pop-up paletter  yang berfungsi untuk pemilihan warna yang cepat.

Silahkan mencoba aplikasi ini  untuk merasakan pengalaman yang lebih dan beri peilaian Anda.

9. Gimp
Alternatif Aplikasi Desain Grafis Gimp

Salah satu software desain grafis open-source terbaik berikutnya adalah GIMP singkatan dari GNU Image Manipulation Program, merupakan alternatif lain pengganti software Adobe Photoshop gimp saat ini sudah tersedia dalam versi Linux, Windows dan Mac.

Interface GIMP agak berbeda dengan photoshop, tetapi secara keseluruhan versi GIMP terinspirasi dari nuansa tampialan Adobe, membuatnya lebih mudah digunakan bagi yang sudah mahir memakai photoshop. Tools yang disediakan juga lengkap tidak kalah dengan photoshop serta mudah untuk digunakan, termasuk didalamnya ada Painting Tools, Color Correction, Cloning, Selection and Enhancement.

Para developer aplikasi ini juga bekerja keras untuk memastikan kompabilitas dari aplikasi ini, sehingga Anda dapat mengedit semua format file populer tanpa ada masalah sama sekali.


10. Karbon
Alternatif Aplikasi Desain Grafis karbon

Karbon adalah editor yang dikususkan untuk pembuatan gambar berbasis vector, Karbon itu sebenarnya adalah salah satu komponen aplikasi yang dibundling dengan calligra suite, sebuah aplikasi yang sudah tersedia untuk KDE. Karbon sangat tepat sekali digunakan oleh para pemula, karena mudah digunakan. Karbon memungkinkan Anda untuk membuat gambar vector, finger painting, ataupun manipulasi image sekalipun, atau membuat icon dan banyak lagi. Karbon pun tersedia untuk platform windows dan linux. Yang jelas, karbon memiliki interface tata muka yang sangat memudahkan user pemula. penasaran pingin coba silahkan klik linknya.

Untuk mendownload Karbon silahkan kunjungi http://www.calligra.org/karbon/

[Baca Juga: Tips Memilih desainer Grafis Terpercaya]


Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar