Skip to main content

Tips Cara Memilih Jasa Desain Grafis Online


Pengertian desain grafis 
Jasa desain grafis merupakan salah satu jasa yang sangat dibutuhkan oleh para perusahaan untuk membuat sebuah iklan. Para desainer tersebutlah yang memiliki tangan dingin untuk menciptakan gambar-gambar yang menarik. Banyak juga perusahaan yang mengandalkan jasa desain grafis online. Namun karena penyedia jasanya tidak hanya satu, tentu akan kebingungan dalam memilihnya.


Jenis-jenis desain grafis 
1. Drafter 
 Adalah pembuat arsitektur atau rancangan bangunan yang memerlukan ketelitian tinggi.

2. Editor 
Editor adalah seorang desainer yang mampu membuat cover, banner, sampul, dan lain sebagainya, termasuk juga karya desain grafis seperti kartu nama, logo, brosur, poster, dan lain sebagainya. Seorang editor harus menguasai betul tutorial desain grafis dengan berbagai software seperti corel draw, adobe photoshop, dan lain sebagainya yang sangat diperlukan dalam periklanan dan dunia publikasi. 

3. Layouter 
Layouter adalah desainer yang khusus membuat tatanan layout pada majalah ataupun koran dan harus mempunyai feel tata letak yang mudah ditangkap mata dan indah dipandang. 

4. Art director 
Desainer khusus yang mampu membuat sebuah karya seni visual effects atau hiasan saja. Seorang art director harus mempunyai tingkat kreativitas yang tinggi sehingga dapat menciptakan karya yang agung. 

5. Fotografer 
Fotografer adalah orang yang memiliki talenta khusus dalam mengambil foto dan juga mengedit foto sesuai dengan event yang dibutuhkan. Diperlukan tingkat kreativitas yang tinggi dalam menguasai software tentang fotografi. 

6. Animator 
Seorang animator dapat membuat suatu motion graphic, film fantasi, iklan, dan lain sebagainya. Seorang animator harus mempunyai pengetahuan tinggi, daya tahan tinggi, dan pengalaman yang mumpuni dalam media. Animator sangat dibutuhkan di dunia perfilman, pertelevisian, advertising, dan lain sebagainya. 

7. Integrated desainer 
Integrated desainer sangat dibutuhkan dalam industri informatika. Desainer ini membutuhkan integrasi dengan programmer lainnya misalnya dalam membuat game, web desain, cd interaktif, dan lain sebagainya. 

Tips memilih jasa desain grafis online

Untuk itu berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jasa desain grafis online antara lain:

a. Mengetahui harga 
Penyedia jasa yang berpengalaman dalam dunia desain grafis, biasanya akan mematok harga yang cukup mahal. Hal tersebut memang biasa dianggap sangat wajar karena mengingat keahlian sebagai seorang desain grafis yang tidak mudah. Setiap orang atau perusahaan yang terbiasa menggunakan jasanya, tentunya biasa akan tahu tentang harga yang ditawarkan. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda bisa melihatnya di informasi web. Sebelum menentukannya, sebaiknya juga Anda melakukan riset tentang jasa yang pernah diberikan. 

b.Pahami alur kerja 
Penyedia jasa desain grafis yang terkenal biasa juga telah memiliki sebuah alur kerja. Pilihlah desainer grafis yang fleksibel dalam waktu, sehingga bisa tetap berkomunikasi kapan pun dengan baik bila sewaktu-waktu akan dibutuhkan. 

c. Desainer yang berpengalaman 
Tips yang satu ini bisa jadi sebagai tips yang paling penting yaitu mengetahui pengalaman sang desainer. Cara untuk mengetahuinya adalah Anda bisa mencoba untuk membaca biodata atau portofolio dan melihat desain yang dibuat atau dihasilkan. Hal ini harus sangat diperhatikan, karena tidak sedikit para desainer grafis yang hanya bermodal nekat dan membuka jasa desain grafis online miliknya sendiri. 

d. Memeriksa kualitas desain 
Selain soal pengalaman desainer, Anda harus memperhatikan pula kualitas desain oleh sang penyedia jasa desain. Caranya Anda bisa menggali informasi yang ada di website atau sosial media yang dimiliki. Biasanya akan ditampilkan beberapa desain yang pernah dibuat. Anda bisa memperhatikan gambar-gambar tersebut dan makna yang terkandung di dalamnya. Karya yang baik adalah karya yang dapat memberikan makna yang sangat nampak nyata dan jelas. 

e.Reputasi 
Mendapatkan penyedia jasa ahli desain grafis memang tidaklah mudah. Anda harus mengetahui reputasi dan kredibilitas dari studio atau desainer grafisnya. Caranya adalah sama seperti yang sebelumnya yaitu dengan melihat berbagai informasi yang tersedia pada webnya. Bila memang sudah cukup terkenal, Anda bisa menanyakannya pada teman-teman yang pernah menggunakannya. 
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar