Skip to main content

Mengenal Desain Grafis dan Software Pendukungnya

Anda pernah mendengar kata desain grafis dan tahu beberapa aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya logo sebuah produk, desain kartu nama, lay-out buku, angle fotografi, teknik menyempurnakan gambar gerak dan sebagainya. Namun, tujuan riil dari desain grafis itu apa ya?

Tujuan desain grafis 
Sebuah program yang bertujuan untuk mengkomunikasikan kepada khalayak umum tentang sebuah
informasi khusus dengan menggunakan sejumlah software pendukung. Hasil dari desain grafis ini mampu mewakili informasi yang diperlukan walaupun secara garis besar. Desain grafis yang baik adalah yang mampu menyisipkan makna edukasi dan membuat mata yang melihatnya tertarik.

Unsur desain grafis

Dalam pembuatan desain grafis akan menggunakan banyak unsur vektor seperti bentuk, pola, warna, kombinasi, proporsi, garis, ruang, balance (keseimbangan), tekanan agar menjadi kesatuan yang bernilai seni dan komunikasi. Contoh yang bisa diambil, teknik pengambilan foto menggunakan kamera dengan resolusi tinggi akan lebih bagus dibanding dengan kamera beresolusi rendah. Setelah terekam pada memori, diolah dengan beberapa perubahan seperti efek cahaya yang diterangkan, proses penyamaran noktah pada objek, angle/sudut pengambilan agar terlihat lebih natural.

Ada pula desain grafis yang diaplikasikan untuk membuat kekhasan pada produk, logo yang telah menyatu dengan produk dipercaya menjadi sugesti. Berawal dari logo yang khas, akan membantu masyarakat mengenal dengan baik tentang produk yang sedang dipasarkan.

Belajar desain grafis memang menyenangkan karena bermain dengan kreativitas seseorang, mengolah warna dan bentuk menjadi sesuatu yang menarik. Anda juga bisa mencoba tutorial desain grafis dari media online atau kursus. Belajar desain grafis dari pemula hingga mahir tanpa bantuan juga sangat disarankan sekali, dengan menggunakan aplikasi yang telah mendukung desain grafis.

Aplikasi atau Software Desain Grafis

Adobe Photoshop
Program ini memiliki rating paling tinggi untuk proses desain grafis, karena menampilkan gaya pengeditan yang cukup sempurna. Hampir semua industri desain grafis menggunakan instalasi program Adobe Photoshop. Software ini sangat baik sekali untuk mengeditan foto sehingga tercipta hasil yang bagus dan sesuai harapan. Program ini juga bisa digunakan untuk mendesain kartun yang sering muncul di televisi, bentuk 4 dimensi yang seakan nyata.

GIMP
Untuk pemula desainer bisa mencoba program GIMP yang hampir mirip dengan Adobe Photoshop. Tampilan yang lebih colorful menarik penggunanya agar tidak lekas bosan. Setiap simbol yang ada di toolbar diberi warna berbeda agar pengguna mudah menekankan desain. Hasil dari GIMP juga dikatakan sangat bagus dan bening, ketelitian hasil mendekati sempurna.

Adobe Illustrator
Program Adobe Illustrator adalah program turunan kedua dari Adobe Photoshop dan menampilkan toolbar yang lengkap. Software ini dapat diunduh secara free oleh semua kalangan pemula desainer namun terbatas waktu, tetapi jika kamu ingin hasil terbaik maka gunakan program secara berbayar. Kelebihan dari program ini adalah dilengkapi dengan toolbar Touch-type and The Free Transform untuk menyempurnakan tampilan desain yang Anda buat.

Inkscape
Software dengan simbol tinta meleleh ini juga digunakan untuk mendesain apapun yang Anda inginkan, meski tampilan toolbarnya sederhana tetapi sangat maksimal untuk bekerja. Program ini biasanya digunakan oleh Jasa Desain Grafis Online untuk melayani orderan. Walaupun program ini masih dalam tahap penyempurnaan tetapi sudah bisa memberikan hasil yang baik.

Coreldraw
Program dengan simbol balon udara ini memiliki rating pengguna terbanyak kedua setelah Adobe Photoshop. Program ini sangat ringan dapat diinstal dalam semua paket komputer seperti Windows, Linux, terkecuali Mac. Tampilan toolbarya memang biasa tetapi tetap hasilnya maksimal. Kelebihan lain dari program ini juga ada cara mendesain pemula secara free berbentuk video. Namun, terkadang jika terlalu lama seringkali nge-hang dan loading nya lama saat penyimpanan, harus sering-sering di refresh.

Adobe InDesign
Program dengan simbol khas huruf I dan D di dalam kotak hitam, menampilkan toolbar yang berurutan dan sederhana. Banyak yang menggunakan program ini untuk mendesain lay-out buku atau brosur dan video. Ada tutorial tambahan dan saran untuk pemula, dasar penggabungan huruf dan simbol sangat mudah sehingga pemula tidak kesulitan.

Anda yang sibuk dan belum sempat mencoba belajar desain grafis bisa mencoba di lain waktu tetapi jika ingin memesan sebuah jasa desain bisa masuk ke area jasa desain grafis yang sudah tersebar baik online atau mendatangi jasa percetakan terdekat.
by : wsm.project

Jasa Desain Grafis (Logo, Desain Kemasan, Catalog, brosur dll)
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar