Skip to main content

Ciri-Ciri Desainer Grafis Yang Baik Dan Berkompeten

WSM.Project - Ciri-Ciri Desainer Grafis Yang Baik Dan Berkompeten Desainer grafis adalah seorang yang dapat mengumpulkan gambar atau kata-kata untuk dijadikan sebagai desain untuk digunakan diterbitkan atau dicetak misalnya brosur, iklan, dan lain sebagainya.



Penyedia jasa desain grafis yang baik harus bertanggung jawab pada hasil karya yang dibuat termasuk ilustrasi, user interface, web desain, dan typesetting. Namun tanggung jawabnya yang utama adalah menyajikan dan memberikan informasi yang jelas, menarik, mudah diakses, dapat dimengerti,
dan mengesankan siapapun yang melihatnya.

[Baca Juga : Mengenal Desain Grafis dan Unsur Pendukungnya]

Saat ini sudah banyak sekali tawaran desain grafis termasuk juga jasa desain grafis online. Lalu bagaimana seorang bisa mengetahui dengan desainer grafis yang baik?. berikut adalah
Ciri-ciri umum yang dimiliki oleh penyedia jasa desainer grafis yang baik
Ciri-Ciri Desainer Grafis Yang Baik Dan Berkompeten

, antara lain;

Tekun 
Sering kali dalam membuat suatu desain, harus dibutuhkan waktu yang lama karena harus mencoba menemukan tutorial desain grafis yang pas tentang campuran font, warna, atau gambar yang baik sehingga hasil menjadi maksimal dan bersinar. Sehingga ciri pertama seorang desainer grafis yang baik adalah ketekunan.

Melihat dalam segala hal 
Desainer grafis yang kompeten adalah tipe orang yang akan menatap karyanya sendiri dan bertanya-tanya sekiranya apa saja hal yang harus ditambahkan atau diperbaiki agar menjadi karya yang lebih menarik dan lebih baik lagi. Contohnya desainer grafis yang kompeten akan dalam membuat iklan makanan, akan melihat makanan secara naluriah sehingga dapat meletakkan font yang tepat untuk promosi produk. Hal tersebut karena desainer grafis mengetahui apa saja yang harus dipenuhi dalam dunia desain.

Detail menit 
Desainer grafis yang mahir akan memperdulikan rincian atau hal-hal detail lainnya. lebih dari sifat teliti, melainkan akan menganggap setiap rincian menitnya sangat suci dan berharga. Karena hal tersebut akan sangat berdampak walaupun hanya 1 pixel saja yang mempengaruhi bacaan atau estetikanya.

Peduli untuk memecahkan masalah orang lain
Setiap orang yang datang pada desainer grafis, tentu memiliki tujuan dalam masalahnya masing-masing. Untuk itu seorang desainer grafis harus bisa mempertimbangkan masalahnya. Karena alasan adanya jasa desain grafis adalah untuk membantu orang lain dalam memahami sesuatu yang dapat membantu masalah seseorang lainnya. Jika sebuah desain hanya mengandalkan perspektif diri desainer sendiri dan orang lainnya tidak mau menerimanya, maka desain tersebut dapat dikatakan gagal. Sebuah desain dapat dikatakan sukses jika dapat menyediakan solusi terhadap masalah dengan baik dan tepat.

Komunikasi yang baik 
Tidak hanya karya yang menarik, namun desainer grafis juga harus dapat berkomunikasi dengan baik pada setiap orang yang datang padanya. Komunikasi merupakan satu-satunya cara untuk dapat menyampaikan keinginan atau ide-idenya. Maka tidak peduli akan keterampilan seorang desainer dan hasil desain tidak akan berguna jika tidak bisa menyakinkan costumer tentang alasan desain yang dibuatnya.

Manajemen waktu 
Untuk menghasilkan sebuah desain yang baik dan menarik memang dibutuhkan banyak waktu. Seorang desainer grafis bisa menghabiskan waktu sampai 30 jam di depan PC dan tidak menyadari juga bahwa tidak makan dan tidak minum. Seorang desainer grafis yang kompeten dan baik akan memprioritaskan detail penting yang pertama. Biasanya akan dibuat dahulu pra rencana untuk mengatur apa yang diperlukan dan berapa waktu yang akan dihabiskan.

Kreatif 
Menjadi syarat yang mutlak jika seorang desainer grafis harus mempunyai kreatifitas. Sehingga mampu beradaptasi dengan apapun yang harus dikerjakan. Termasuk terbuka dalam menerima kritik dan saran sebagai umpan balik. Seorang desain grafis harus mampu melihat berbagai hal yang tidak bisa mudah dilakukan oleh orang lain.

Kepribadian baik 
Memiliki kepribadian yang baik merupakan hal yang harus ada pada desainer grafis. Seorang penyedia jasa desain grafis harus ramah dan mudah didekati karena akan bekerja dengan banyak orang. Walaupun karya desain yang Anda hasilkan sangat menakjubkan, maka kebanyakan orang pasti tidak akan bekerja sama atau akan mempertimbangkan ulang jika desainer grafis suka marah atau kasar dan tidak bisa berkomunikasi dengan baik.

[Baca Juga : Tips Memilih Desainer grafis Terpercaya]

by : wsm.project

Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar