Skip to main content

Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator

Kali ini kami dari wsm.project ingin membahas tentang Pengertian Sejarah, Fungsi Serta Pengertian adobe illustrator secara lebih detail, ringkas dan padat tentang aplikasi desain yang tidak asing lagi dan sering terdengar dikalangan desainer grafis yakni adobe illustrator, Dari awal rilis sampai saat ini, telah mengalami perkembangan yang begitu pesat mulai dari tool fitur serta tampilannya yang lebih user friedly atau lebih enak dilihat bahasa simplenya,,
[Baca Juga : Pengertian Lorem Ipsum Apakah Itu ?]


Apakah Adobe iIlustrator itu ?
adobe illustrator sendiri adalah  program editor grafis vector terkemuka yang dikembangkan sekaligus dipasarkan oleh Adobe Systems. Illustrtor CC merupakan versi terkini program ini, generasi kedua puluh untuk produk Illustrator “Wikipedia”
Apakah Fungsi Dari Adobe Illustrator Itu ?
Fungsi dari Adobe Illustrator adalah pengolah gambar berjenis vektor, maka Adobe Illustrator secara tidak langsung mempunyai fungsi untuk memproduksi hasil karya yang khusus, yaitu gambar dengan tipe vektor. Hasil karya yang dimaksud misalnya seperti pembuatan logo perusahaan, media promosi, media promosi bisa berbentuk hasil print maupun dalam bentuk digital. kegunaan serta fungsi dari aplikasi Adobe Illustrator sangat banyak, jika kita lihat dari beberapa hasil karya yang disebutkan diatas dan tentunya lebih dari semua hasil tadi yang disebutkan diatas hanya gambaran ringkas saja.

Seperti Apa sejarah perkembangan Adobe ilustrator ?
Dibawah ini adalah sejarah perkembangan adobe ilustrator dari awal rilis sampai dengan vesi paling baru dari adobe ilustator.
Adobe iIlustrator Versi 1-1,6 (Ilustrator 88)
Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator
            Seri pertama dari adobe ilustrator ini di develop atau dikembangkan oleh Adobe Inc pada bulan Desember tahun 1986 sedangkan pengiriman pada bulan 1987 pada pengkomersialisasinya dari adobe inc. Adobe ilustrator rilis berdampingan dengan adobe photoshop, sedangkan photoshop sendiri lebih terfokus untuk editing foto bitmap digital manipulasi dan foto realistik yang bergaya ilustrasi komputer, sedangkan ilustrator sendiri lebih ke editing yang berbasis vektor memberikan hasil lebih ke typesetting dan logo design.

Adobe iIlustrator Versi 2-5
Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator
Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator
Pada seri perkembangan adobe ilustartor kedua ini meskipun selama Adobe ilustrator ini di develop terutaman untuk Macintosh, dab itu secara seporadis didukung oleh platflom lainya, di awal tahun 1990, adobe pun juga merilis versi ilustrator untuk NeXT, Silicon grafis dan sekaligus sun solaris platflom, namun mereka tidak berlangsung lama karena pasar yang sedikit. Versi ilustrator untuk windows pertaman kali dirilis pada awal tahun 1989 yakni versi 2.0 kemudian windows versi berikutnya yakni versi 4.0 telah mendapat kritikan karena mirip dengan ilustrator yang versi terdahulu 1.1 bukannya macintosh versi 3.0 namun kepopulerannya masih di ungguli oleh ilustrasi CorelDRAW. Meskipun rilis untuk kedua untuk os mac yang berjudul ilustrator 88 versi 4 itu, bagaimanapun, versi perdana ilustrator itu didukung untuk pengeditan dalam mode pratinjau, yang tidak muncul didalam versi os mac sampai 5,0 pada tahun 1993.

Adobe iIlustrator Versi 6-10
Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator

Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator

Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator

Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator

Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator

Adobe ilustrator versi 10, versi ini adalah versi terahir sebelum mengubah citra creative suite dengan diperkenalkanya ilustrator 6 pada tahun 1996, adobe inc melakukan perubahan yang penting dalam perilah antarmuka berkaitan dengan editing, banyak user atau engguna ilustrator untuk tidak mengupgradenya. Adobe ilustrator juga mulai mendukung truetype efektif menghentikan “font perang” antara postscrip Type 1 dan Truetype. Sepertihalnya Photoshop ilustrator pun juga mulai mendukung untuk fasilitas plug-in, yang mempercepat dan memperluas kemampuannya.
 Dengan port yang sesunguhnya dari versi mac os ke windows dimulai dari versi 7 pada tahun 1997, desainer akhirnyapun bisa melakukan editing standart pada ilustrator, sertta competitornya yaitu CorelDraw juga mengeluarkan CorelDRAW versi 6.0 untuk Mac os pada tahun 1996-an, akan tetapi respon pasar pun kurang bersahabat, terlalu lama. Desainer lebih banyak memakai ilustrator, Coreldraw, atau freehand berdasarkan perangkat lunak yang yang mereka perdalam terlebih dahulu.. berdasarkan wikipedia indonesia Corel tidak pernah dianggap sebagai alat tingkat profesional oleh badan-badan besar atau toko desain. Terkenal, Aldus melakukan perbandingan matriks antara perusahaan sendiri Freehand, Illustrator dan CorelDraw, dan satu Draw "menang".

Perbedaan diantara kekuatan Photoshop dan Illustrator menjadi jelas dengan adanya Internetkala itu, Illustrator pun telah disempurnakan untuk mendukung penerbitan Web, rasterization melihat pratinjau, PDF , dan SVG (Scalable Vector Graphics). Adobe merupakan pengembang awal dari SVG untuk web dan Illustrator diekspor file SVG melalui plugin File Format SVG. Menggunakan Adobe SVG Viewer (ASV), diperkenalkan pada tahun 2000, memungkinkan user untuk melihat gambar SVG di browser utama sebagian sampai dihentikan pada tahun 2009. Support yang diberikan untuk SVG tidak lengkap dalam semua browser utama Internet Explorer 9 sampai tahun 2011. 

Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator

Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator
Adobe Illustrator CS adalah versi awal mula untuk menyematkan fitur desain 3-dimensi sebuah kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk membuat desain bentuk sederhana 3D objek.
Adobe Illustrator CS2 (versi 12) yang tersedia untuk kedua sistem operasi yakni Mac OS X dan Microsoft Windows. Ini merupakan versi terakhir kalinya untuk Mac Os yang tidak berjalan secara native di Intel prosesor. Di antara fitur-fitur baru termasuk dalam Adobe Illustrator CS2 adalah Live Trace, Live Paint, sebuah palet kustom kontrol dan ruang kerja. Live Trace memungkinkan untuk konversi citra mode bitmap ke vektor seni dan ditingkatkan kemampuan penelusuran sebelumnya. Live Paint membuat pengguna lebih leluasa dalam memakai warna pada obyek, khususnya untuk objek  yang salin tumpang tindih

Adobe illustrator Versi CS3-CS4
Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator

Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator
CS4 dirilis pada bulan Oktober 2008. fitur pada update cs4 ini memungkinkan untuk menciptakan beberapa artboards merupakan salah satu utama penambahan CS4 itu dari FreeHand. The artboards memungkinkan Anda untuk membuat beberapa arboard yang sering disebut area kerja pada adobe  dari beberapa artboard dalam satu dokumen. tool lainnya termasuk Brush Blob, yang memungkinkan stroke beberapa vektor saling tumpang tindih dengan gampang menyatukan atau menggabungkan, dan tool gradien revamped memungkinkan untuk lebih mendalam manipulasi warna serta transparansi dalam gradien.

Adobe Illustrator Versi CS5
Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator
CS5 dirilis pada bulan April 2010. dengan sejumlah fitur tambahan untuk fungsionalitas yang ada, fitur baru Illustrator CS5 termasuk alat Perspektif Grid diambil dari FreeHand, sebuah Sikat bulu (untuk stroke tampak lebih alami dan painterly) dan pembaruan yang lebih komprehensif untuk stroke, disebut oleh Adobe sebagai "Strokes Indah ".

Adobe Illustrator Versi CS6
Pengertian , Fungsi Serta sejarah adobe illustrator
Adobe Illustrator CS6 merupakan generasi ke 16 versi terbaru . Beberapa fitur baru telah ditambahkan. Pada laman situs adobe, disebutkan bahwa versi ini lebih cepat dan lebih intuitif, dengan stabilitas rock-solid ketika bekerja pada file yang kompleks. Dapat membuat dan mengedit pola sampai dengan 75% lebih cepat. Bekerja secara otomatis menyatukan semua file Anda untuk memproduksi dalam beberapa klik. Bekerja lebih cepat dan lebih efisien dengan streamline antarmuka baru.
[Baca Juga: Memulai Adobe Illustrator]
Sumber : Wikipedia indonesia
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar