Skip to main content

Pengertian Microstock dan Cara Menghasilkan Uang Dari Microstock ?

Beberapa bulan ini saya sering update status di status WA tentang penghasilan earning yang saya dapat dari microstock, dan saya yakin tidak sedikit yang penasaran apaan sih microstock itu.? Sebenarnya microstock bukan sebuah hal yang baru lagi, mengingat microstock pertaman kali muncul sekitaran tahun 2003.

[Baca Juga : Menghasilkan Dollar Dengan Berjualan logo]

Microstock sudah mencuri perhatian public terutama industri kreatif ataupun fotografi. Pengertian secara garis besar dan sederhana microstock adalah salah satu wadah bagi pelaku industri kreatif untuk memasarkan hasil karya mereka yang dapat di jangkau oleh siapa saja yang mempunyai koneksi internet dari berbagai belahan dunia, berbeda dengan online shop pada umumnya microstock menggunakan sistem royalti, jadi para desainer vektor dan fotografer akan dibayar berdasarkan jumlah total karya mereka yang didownoad oleh pengguna lain.

"Microstock adalah sebuah bisnis online untuk mendapatkan extra income (pemasukan ekstra) dari perusahaan/agensi microstock, populer dengan sebutan Microstock Site Companies atau Microstock Agencies. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam foto, illustrator dan video dalam bentuk RF (Royalti Free). Singkat kata mereka sebagai image banks atau gudangnya gambar".

Sebutan bagi seorang desainer grafis atau fotografer yang menjual gambar serta vectornya di perusahaan microstock adalah artist/microstocker banyak macam yang bisa dijual seperti Foto, Ilustrasi serta footage.

Agensi microstock bisa memasarkan dan dapat di download berkali-kali tidak satu kali beli saja, jadi keuntungan akan datang berkali-kali selama stock file tersebut didownload oleh microstoker yang login sebagai user. Royalte free berarti pembeli sekedar bisa memakai saja tidak boleh memakainya untuk dijual kembali serta hak cipta tetap ditangan microstocker 

Penjelasan cara kerja seperti berikut yang dijabarkan dlm bentuk poin-point
  • Anda memdaftar sebagai contributor di situs microstock
  • Pihak agensi akan meminta karya anda agar akun anda aktif dan hasil karya anda akan ditinjau oleh piha agensi mengenai kelayakanya lulus atau tidaknya file tersebut di publish
  • setelah di setujui teman-teman bisa menguploud karya yang lainnya
  • begitu hasil karya anda yang telah di uploud aktif di situs agensi microstock pengunjung bisa mendownload dan anda bisa mendapat keuntungan perdownloadnya.
Pada tahap permulaan file yang didownload akan dihargai $0.1 - 5 per downloadnya, terlihat sedikit sekali kan namun bayangkan saja ketika jumlah karya anda ada 3.000 foto dan telah diunduh beberapa kali oleh pengguna yang berbeda, maka bisa kalian kalikan sendiri berapa banyak penghasilan yang anda dapatkan dari situs agensi microstock tersebut.

Hal tersebut akan terlihat pasti dari pada mengerjakan project design yang belum pasti adanya, untuk yang ingin berpenghasilan dalam jangka panjang yang stabil microstock menjadi lebih di prioritaskan.

Bagaimana cara daftar menjadi kontributor di microstock ?

Dalam artikel kali ini akan saya jelaskan secara detail cara yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang contributor di situs agensi microstock biaya nya gratis cukup memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diajukan oleh setiap agency. Yang perlu disiapkan untuk menjadi contributor adalah passport untuk aturan lama namun aturan baru tidak diharuskan lagi, email yang aktif, mengisi form yang telah disediakan oleh situs agensi tersebut, buat user yang fix karena username susah untuk menganti jadi pikirkan matang-matang ya mengenai namanya.

Dibawah ini ada beberapa Agency microstock yang populer dikalangan microstocker, bisa kalian daftarkan diri anda.
diatas adalah sebagaian situs microstock dan tentunya masih banyak lagi yang lain silahkan browsing ya

Seperti apa metode pembayaran di Microstock ?
Setiap agency microstock memiliki aturan yang berbeda, namun rata-rata metode pembayarannya menggunakan Paypall, Money Skrill dan Bank chek. kalian bisa memilih metode yang kalian anggap mudah


Kelebihan apa yang di peroleh dari menjadi contributor microstock?
Jika dilihat hasil per-downloadnya memang sangat sedikit hanya 0,0 sekian dollar, yang perlu diperhatikan dari penghasilan microstock adalah penghasilan pasti yang rutin didapat perbulannya . Seperti bermain Adsense, yang terpenting kita terus berkarya dan uploud karya kita secara rutin dan berkesinambungan supaya pendapatan juga stabil.

Dan jika portofolio hasil karya anda sudah banyak sampai ribuan dapat dipastikan perharinya ada download sampai sepuluh vector bahkan bisa lebih dan bisa kalian kalikan sendiri 10 x30 hari, kita bisa wirdraw tanpa harus revisi desain seperti kita menerima client namun dalam memulainya juga bukan hal yang mudah banyak perjuangan dan pengorbanan yang harus dikeluarkan. 


Kami tidak menyuruh Anda untuk harus menjadi contributor shuttersctock terutama bagi Anda seorang desainer grafis (disini kami hanya mereview-nya saja), semua keputusan sepenuhnya ada ditangan anda. pikirkan dengan matang-matang terlebih dahulu mengingat Microstock bukan bisnis instant dan butuh usaha keras untuk medapatkan hasil.

Tapi disini kami hanya mengasih perbandingan saja, dari pada mengikuti sebuah kontes desain yang kesempatan menangnya sedikit(belum nyata) serta menyita waktu Anda belum termasuk revisi desain yang harus Anda kerjakan sebelum memperoleh hasilnya jika menang, alangkah lebih baik Anda menjual karya Anda dan benar-benar menghasilkan secara nyata dan pasti.

Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin.Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar