Skip to main content

8 Tips Jitu membuat Nama untuk UKM dan Startup


Pemilihan Nama untuk UKM dan startup sangat diyakini dan terbukti memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan sebuah usaha. Nama atau brand dapat menentukan power nilai dari sebuah produk yang dapat membedakan dari kompetitor, Nama atau brand tidak hanya memiliki fungsi bagi konsumen namun juga bagi produsen.
Nama atau brand Untuk UMKM dan start up memiliki daya tarik untuk konsumen kepada produk yang dibuat atau layanan anda, kata ken carbone dari Manhattan design and branding firm Carbone Smolan Agency. Di lain sisi kualitas produk yang baik dan tentunya degan kualitas yang baik pula, sebuah usaha / jasa juga harus memiliki nama yang bagus agar selalu diingat oleh konsumen anda di bawah ini ada uraian Tips
membuat Nama untuk UMKM dan Startup
1. Mudah diucapkan dan diingat
Rekenluonfanelakakjfhjsjjj, setelah anda baca kata tersebuat apa yang anda alami ?. Saya pastikan anda akan keriting membacanya kecuali anda orang rusia karena itu bahasa rusia. brand yang enak  untuk diingat dan dibaca adalah nama dengan yang terdiri dari dua sampai empat suku kata namun tidak bertabrakan dengan 2-3 konsonan. Misalnya Tas Gaul akan lebih baik daripada KaoSSport karena lebih mudah diucapkan dan tidak bertabrakan dengan konsonan.

2. Buat Orang Sreg/ ngeh Produk anda melalui nama
Buatlah orang langsung “ngeh” dengan produk anda. Orang langsung akan mengetahui perbedaan yang dari produk anda. Misalnya saja mie setan dimana orang akan langsung ngeh jika makanan ini merupakan makanan yang sangat mengerikan karena kepedasanya.

3. Pertimbangkan karakter nama brand Anda sejak dini.
Aether Apparel datang kepada kami sebelum mereka memulai pengembangan produk, kenang Carbone. Mereka memiliki ide untuk membuat pakaian yang sangat teknis yang digunakan untuk olahraga outdoor, tetapi dengan desain berkualitas tinggi. Karena mereka memahami semangat perusahaan dan nilainya bagi pelanggan potensial, kami mampu membantu mereka membangun merek sejak awal, termasuk pesan dan strategi sebelum produk pertama datang dari jalur produksi. Brand ini sekarang sangat sukses.

4. Pilih partner desain Anda dengan bijak.
Daya tarik merupakan hal yang penting, kata Smolan. Kadang-kadang pengusaha yang sedang berkembang tidak mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan, jadi pastikan Anda bekerja dengan seseorang yang peduli tentang Anda dan bisnis Anda, dan siapa yang benar-benar memahami Anda.


5. Tetap berkomitmen untuk jujur pada diri kita sendiri.
Merek berevolusi. Apple telah berubah sedikit, namun perubahan itu selalu direncanakan dan terjaga selama beberapa dekade dengan baik, kata Carbone. Anda harus memastikan bahwa prinsip prinsip dasar perusahaan dan keyakinan Anda masih utuh, dan mengalami perubahan hanya ketika terjadi perubahan budaya dalam masyarakat dan cita rasa dari pelanggan. Keaslian adalah kesuksesan dari setiap merek yang sukses.

6. Sesuaikan nama brand atau merek dengan target pasar
Sesuaikan nama brand dengan target pasar yang anda bidik. Misalnya saja anda ingin memuat salon dengan target perempuan, anak muda, trendy maka kira-kira nama apa yang cocok untuk salon tersebut? Salon Cinta, Salon Joko, Salon Nimas, Salon dewi, atau Salon Jolie?

7. Hindari Penggunaan singkatan konsonan dan angka
Singkatan konsonan dapat membuat nama brand atau merek anda lebih sulit untuk diingat dan dihafalkan konsumen. Selain itu singkatan konsonan juga lebih sukar terasosiasi oleh produknya. Misalnya saja yuk, kita ke toko HJK. Ternyata setelah sampai berjejer toko KJH, KHJ, JKH, dan sebagainya yang membuat konsumen bingung mana nih yang bener.

8. Buat nama atau brand dengan nama yang unik
Ya, buat saja nama brand atau merek yang unik dan nyeleneh agar mudah diingat. Kita bisa lihat kesuksesan dari produk yang menggunakan metode ini, misalnya Rawon Setan maupun Soto Gebrak. Kalau menyebut rawon pasti rawon setanlah yang ada dibenak anda. Nama atau merek nyeleneh ini tidak harus selalu berkonotasi negative, bisa saja anda membuat rawon malaikat.

Diatas adalah  delapan Tips tentang membuat Nama UKM yang bisa kalian jadikan reverensi apabila kalian akan membuat sebuah UKM

By : WSM Project
Oldest Post
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar